Berita Pelayanan Publik

Kata kunci: orientasi kepada kepentingan banyak orang.

Pengertian

Menjadi salah satu bagian dari peliputan berita spot news atau berita lempang.

Faktanya lebih banyak pada fakta peristiwa.  Fakta pendapat hanya sebagai pelengkap semata agar berita menjadi lebih hidup.

Selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi media karena berita pelayanan publik mempunyai nilai berita tinggi.

Mengapa dikatakan mempunyai nilai berita tinggi? Salah satunya lantaran ada kepentingan publik dalam jenis berita yang satu ini.

Hampir sebagian media mengangkat jenis berita ini untuk menghiasi kontent medianya, baik media cetak, elektronik maupun media siber (online).

Pegangan

Pengamatan secara detail menjadi kunci penting yang tak bisa diabaikan.

Wartawan harus pandai menggali latar-belakang persoalan yang akan diangkat menjadi berita.

Mempelajari bagaimana sebuah sistem itu bekerja sehingga mendapat keutuhan sebuah laporan atau pemberitaan.

Cari dan perdalam unsur “why” dan terus cek serta gali satu fakta ke fakta lainnya.

Sumber Berita

Sumber utama berita pelayanan publik terletak pada pengamatan di lapangan. Wartawan harus turun melihat fakta-fakta itu dengan mengujinya dengan panca indera.

Sumber berita jenis ini bisa juga diperoleh dari keluhan yang termuat di halaman kontak pembaca suratkabar. Keluhan ini dapat ditindak-lanjuti dengan terjun ke lapangan.

Wartawan tidak berhenti dan puas hanya dengan satu sisi informasi dari pengamatan yang diperoleh di lapangan. Wartawan juga harus melakukan cros cek kepada sumber resmi yang berwenang dengan pelayanan yang terabaikan dan menjadi sumber utama peliputan.

Upayakan selalu berimbang dalam melaporkan jenis berita ini.

Prinsip dasarnya: wartawan tidak hanya puas dengan satu sumber tetapi makin banyak sumber maka semakin baik berita yang akan disampaikan kepada publik.

Rekam detak jantung keluhan pembaca sebagai tema dasar dan titik tolak pemberitaan. Fokusnya hanya kepada kepentingan publik yang terabaikan. (*)

 

Standard

Leave a comment